-->

Perbedaan Sekolah dan Kuliah

Kuliah itu beda banget sama sekolah, otomatis kehidupannya juga beda donk. Nah kamu yang mau kuliah udah punya belum nih keterampilan hidup untuk bertahan di dunia kuliah ?

Udah gak ada lagi guru yang nagih-nagih tugas ke kamu, orang tua yang nyuruh kamu belajar, lebih bebas sih tapi kamu juga harus lebih bertanggungjawab.
Improve your skill (m.theeconomictimes.com
  • Manajemen Waktu
Yang pertama yaitu kemampuan manajemen waktu. Beda dengan waktu kuliah, ada banyak kegiatan yang harus kamu atur sendiri waktunya. Misalnya dari belajar, ngerjain tugas individu, ngerjain tugas kelompok, ikut organisasi, ikutan kepanitiaan, ikutan kegiatan mahasiswa atau ekskulnya kampus, acara komonitas, rapat, dan banyak lagi. Kita harus bisa menentukan prioritas kita dan mengatur waktu sesuai kemampuan diri kita sendiri nih, dan yang gak kalah penting buat temen-temen ingat adalah jangan lupa istirahat dan juga bersenang-senang.
  • Belajar Aktif dan Mandiri 
Yang kedua yang harus kamu miliki adalah belajar aktif dan mandiri, sebagai mahasiswa tentu tugas pertama adalah belajar, mendalami bidang ilmu yang udah kamu pilih, kan kamu udah pilih jurusannya, tanggungjawab donk dengan pilihan kamu itu. Beda dengan jaman sekolah, dimana ketika kamu kuliah harus lebih mandiri dalam belajar, udah gak ada lagi tuh guru yang nagih tugas ke kamu, atau orang tua yang nyuruh kamu belajar, tapi kamu harus lebih tanggung jawab, kamu harus ngukur sendiri pemahaman kamu terhadap satu materi.
Jadi ketika kamu masuk kuliah, diharapkan kamu udah membaca berbagai macam bahan bacaan dan referensi, biar di kelas ngak planga-plongo aja. Artinya, ketika jadi mahasiswa kamu harus tahu belajar efektif buat diri kamu sendiri dan juga cara mendapatkan berbagai sumber belajar yang tepat.
  • Komonikasi Asertif
Yang ketiga yaitu komonikasi asertif, yaitu keterampilan untuk menyampaikan pesan dengan cara yang santun dan sadar akan hak dan perasaan orang lain. Jadi ketika didunia kuliah nanti kita akan ketemu dengan banyak orang, tentu saja harus menjalin relasi yang baik dengan setiap orang, jangan terlalu ngerasa gak enak atau ngerasa sungkan, tapi jangan juga terlalu agresif, ngegas, nyinyir, pasceplos yang bikin orang jadi sakit hati sama kamu. Mantapkan diri kamu pada posisi orang yang ingin kamu ajak bicara dan hargai orang sebagaimana kamu ingin dihargai oleh orang lain.
  • Kolaborasi
Keterampilan keempat yang harus kamu miliki adalah kolaborasi. Ada banyak banget tugas kelompok dan kadang kamu tidak bisa pilih sendiri mau sekelompok dengan siapa, jadi kamu harus menjadi anggota tim yang terlibat secara aktif, kerja dan aktif, juga bisa membangun relasi yang postif dengan teman-teman satu tim kamu. Jangan jadi anggota kelompok yang nyebelin, terlalu dominan, atau justru jadi angggota kelompok yang gak ngerjain apa-apa ya. Nah ketererampilan berkolaborasi ini juga berguna ketika kamu mengikuti organisasi dan kepanitiaan di dunia kuliah.
  • Public Speaking
Keterampilan kelima adalah public speaking, akan banyak banget kesempatan buat mahasiswa berbicara di depan umum mulai dari presentasi dikelas, sosialisasi acara, jadi pembicara, pelatihan kepemimpian, kampanye ketua organisasi sampai sidang skripsi. Kamu gak perlu takut, karena justru waktu kuliah ini adalah waktu yang tepat untuk melatih dan mengasah, mempelajari public speaking kamu. Jadi jangan ngerasa takut untuk nyoba dan latihan bicara lancar di depan umum yaaa.

Jadi itu beberapa keterampilan yang harus kamu miliki agar bisa bertahan hidup di dunia kuliah.
Jangan lupa komentar jika ada keterampilan-keterampilan yang lain yang sangat perlu dimiliki oleh mahasiswa baru.

1 Response to "Perbedaan Sekolah dan Kuliah"

  1. Happy Weekend para member setia ARENADOMINO,
    kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua refrensi ,
    untuk kalian yang mau mencari situs poker online hanya dengan 1 USER ID KALIAN BISA BERMAIN DI BANYAK GAME ,
    kalian bisa bermain bersama ARENADOMINO,
    karena ARENADOMINO adalah situs yang terpercaya dan juga situs yang memberikan kalian semua bonus yang besar ,
    dan juga berapapun kemenangan yang kalian dapatkan akan di bayarkan lunas, Daftarkan diri kalian sekarang juga bersama ARENA-DOMINO.COM
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    WA : [+855]964967353
    Line: ARENA_01
    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus

#Silahkan Komentar Sewajarnya
#Berkomentar Sesuai Topik yang Dibahas
#Dilarang Meletakkan Link ke Situs, Kecuali Referensi Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel