-->

Tips Menjadi Siswa yang Baik

Siswa yang baik adalah siswa yang memanfaatkan sesuatu untuk mengupgrade dirinya lebih baik. Siswa yang baik tidak hanya terlihat baik oleh temannya, tapi juga guru dan seluruh orang-orang yang ada di dalam sekolah tempat ia belajar. Siswa yang baik tidak harus memiliki perilaku seperti malaikat, adapun pada setiap siswa tentu memiliki perbedaan yang signifikan, dengan perilaku yang berbeda tersebut ia dapat menunjukkan cara yang berbeda untuk menjadikan dirinya lebih baik. 

Bertanyalah, Sebelum Bertanya di Larang
Siswa memiliki perkembangan yang berbeda-beda baik secara fisik ataupun psikis, nah perkembangan seperti itulah yang tidak bisa langsung ditebak oleh seorang gurunya, tapi mungkin jika hanya berasumsi atas perilaku siswa mungkin sering dilakukan. Karena pada hakikatnya perilaku setiap siswa berbeda-beda, dan untuk menebak perilaku sesungguhnya harus hidup bersama dan melakukan aktivitas bersama dikelas ataupun diluar kelas. Maka dari itu, perilaku yang ditampakkan oleh siswa cenderung dinamis tidak statis pada apa yang diasumsikan oleh seorang guru.

Yang perlu diperhatikan adalah, setiap siswa yang ingin dinilai baik oleh teman atau gurunya tidak harus dinilai menjadi siswa teladan atau siswa berprestasi, atau segudang prestasi yang diraihnya. Mungkin beberapa hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab siswa dinilai baik oleh semua teman dan gurunya. Nah, baik ataupun buruknya seorang siswa dinilai banyak dari sikap dan perilaku yang ditampilkan dalam kehidupan sehari-harinya. 

Nah, Bagaimana sih menjadi siswa yang baik di sekolah. Siswa yang baik itu adalah siswa yang menempatkan diri pada tempatnya yaitu sebagai seorang siswa. Bagaimana seharusnya seorang siswa? Yaitu menuntut ilmu dengan baik, belajar yang rajin dan tekun, serta berprilaku yang baik tidak hanya kepada guru dan teman, tetapi juga semua orang yang ada didalam sekolah baik didalam kelas ataupun diluar kelas (di luar sekolah).
Tersenyum Dapat Melancarkan Syaraf-Syaraf Otak Untuk Berpikir
Nah, sekarang untuk memperjelas beberapa hal diatas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, tentu siswa akan dinilai baik setelah melakukan beberapa tips sebagaimana berikut ini:

1. Hormatilah yang tua, seluruh siswa ajak beteman, yang besar ajak berkawan, dan yang kecil disayang. Dengan perilaku seperti itu, mungkin siswa yang lain akan senang terhadapmu.

2. Bertutur kata yang baik dan berprilakulah secara wajar dengan siswa yang lain. Tempatkan dirimu sesuai keadaan lingkunganmu selagi kearah positif, jika negatif, secepat mungkin tinggalkan. Semua siswa ajaklah berkawan, tapi jangan sampai kebablasan. 

3. Berusahalah semaksimal mungkin untuk mematuhi seluruh tata tertib sekolah mulai dari sikap perilaku, aspek kerajinan, serta aspek kerapian, ikhlaskan diri dalam belajar.

4. Rajin-rajinlah beribadah dan berdoa. Setiap sekolah memiliki budaya yang berbeda-beda, ada yang menghendaki siswanya untuk sholat berjamaah di sekolah, ada yang tidak. Berdoalah selama proses pembelajaran dikelas akan berlangsung, gunakan waktu belajar dan memaksimalkan seluruh aktivitas di kelas dengan kebaikan. 

5. Bantulah sesama teman kelasmu yang mengalami kesulitan belajar tanpa mengharap imbalan, tidak mengharap untuk dibelikan makanan, atau hal lain yang membuatmu membantu teman tersebut.

Itulah beberapa tips yang sangat ringan bagi kamu untuk melakukannya dan menjadikan kamu dikenal oleh siswa yang lain. tidak hanya itu, jika kamu melakukan tips diatas juga akan dikenal baik oleh guru dan orang-orang yang ada di sekolah. Tentu tips-tips diatas bukanlah tips yang statis, masih banyak tips-tips lain yang dapat mendukung dirimu menjadi lebih baik dan banyak dikenal oleh siswa lainnya. 

3 Responses to "Tips Menjadi Siswa yang Baik "

  1. It’s good to read such interesting stuff on the Internet as I have been able to discover here. I agree with much of what is written here and I’ll be coming back to this website again. Thanks again for posting such great reading material!! To get new information


    Angelina



    BalasHapus
  2. Informasi yang dicantumkan sangat menarik dan juga mudah dipahami terima kasih banyak

    BalasHapus
  3. iyah harus bertutur kata yang baik

    BalasHapus

#Silahkan Komentar Sewajarnya
#Berkomentar Sesuai Topik yang Dibahas
#Dilarang Meletakkan Link ke Situs, Kecuali Referensi Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel