-->

Tips Agar Siswa Tidak Merasa Jenuh Selama Di Sekolah

Dengan diterapkannya sistem Full Day School, banyak siswa yang mengeluh, karena mulai dari jam 07.00 sampai jam 16.00 melakukan kegiatan proses pembelajaran dengan berbagai macam aturan didalamnya. Namun tidak jarang ada juga sebagian sekolah yang tidak menerapkan sistem tersebut, karena memandang tidak hanya melelahkan kepada siswa saja, tetapi juga pada guru yang memiliki jadwal mengajar pada hari tersebut, ada sebagian sekolah yang tidak menerapkan Full Day School, tapi tetap saja pulang sampai siang yaitu pada jam 14.00. Walaupun demikian, tetap saja siswa akan merasa jenuh atau perasaan lain yang dapat memberatkan dirinya karena setiap hari harus mendekam di sekolah.

Selama kurang lebih 8 jam di sekolah, tidak hanya membuat siswa berat, tapi juga memberikan kejenuhan tersendiri kepada siswa. Jika pembelajaran disetiap mata pelajaran di berikan materi atau penjelasan guru, tentu akan membuat siswa jenuh di dalam kelas, apalagi siswa tidak boleh keluar jika masih dalam proses pembelajaran kecuali istirahat. Kalau dilihat dari kemampuan otak manusia, tentu akan mengalami kelelahan, karena dipaksa untuk berpikir selama berjam-jam. Apalagi ketika dibumbui dengan tugas didalam kelas atau tugas rumah.

Jika sekolahmu melaksanakan sistem Full Day Scholl, atau yang tidak menerapkan tapi pulang siang, maka harus memanfaatkan waktu dengan baik di sekolah, dengan tidak bermain sehingga memberikan efek positif pada dirimu bahwa sekolah tidak akan memberatkanmu. Nah, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan disekolah, sebagaimana berikut:

1. Manfaatkan Waktu Luang Untuk Tidur
Manfaatkan Waktu Luang Untuk Merefresh Otakmu (Sumber: cidics.uanl.mx)
Tentu pulang siang ataupun sore hari akan membuatmu kehilangan waktu untuk tidur siang, padahal semestinya tidur siang tersebut dapat meningkatkan kembali konsentrasi kamu dan dapat mengurangi rasa lelah pada anak. Maka dari itu, manfaatkan waktu luang di kelasmu untuk tidur ketika tidak ada pembelajaran didalam kelasmu, seperti ketika tidak ada guru mata pelajaran yang tidak hadir waktu itu. Jangan melakukan hal yang tidak penting, walaupun kamu tidur dalam jangka waktu yang sedikit, yang terpenting otakmu bisa istirahat, dan berwudhu’lah jika pada saat itu ada mata pelajaran lain dan ada gurunya, sehingga akan lebih meningkatkan konsentrasi kamu.

2. Kerjakan Tugas Di Sekolah
Mengerjakan Tugas Sekolah (Sumber: study.com)
Tentu kamu akan menemui setiap mata pelajaran akan ada tugasnya, kecuali ada guru yang tidak mementingkan nilai ulangan harian, tapi mementingkan etika, sehingga kamu akan merasa lega dengan tidak adanya tugas. Setiap siswa akan mendapatkan tugas mulai dari tugas individu dan kelompok, maka dari itu, sebisa mungkin kerjakan seluruh pekerjaan sekolah di kelas, jangan membawa tugas sekolah ke rumah. Sehingga ketika kamu pulang sekolah dan sampai di rumah, kamu akan merasa lega dengan tidak adanya tugas sekolah, mungkin hanya belajar dan melakukan perintah orangtua. Nah, yang terjadi jika kamu menunda-nunda pekerjaan sekolah, tentu akan menghabiskan banyak waktumu dirumah, sehingga ketika berada dirumah, aktivitas yang seharusnya dapat menyenangkan kamu akan berkurang.

3. Jauhkan Dirimu Dari SKS (Sistem Kebut Semalam)
Sistem Kebut Semalam (Sumber: Selipan.com)
Siswa manapun tidak akan lepas dari yang namanya ulangan harian atau ujian. Maka dari itu kebanyakan siswa akan melakukan ritual turun temurun yaitu sistem kebut semalam. Jadi ketika akan menghadapi ulangan atau ujian besok harinya, siswa tersebut akan belajar semalaman suntuk bahkan ia akan begadang untuk menghafal materi-materi yang sudah dipelajari. Tentu sistem ini akan berdampak pada hasil belajarmu, untuk menjawab ulangan harian akan tidak maksimal. SKS ini tidak akan efektif, disamping itu akan membuatmu merasa lelah esoknya, apalagi hasil hafalanmu tadi malam kelupaan, wah, jadi nambah kerjaan deh. Maka dari itu, kamu perlu belajar jauh-jauh hari seperti ketika kamu mendapatkan satu materi dari sekolah, setelah pulang sekolah, kamu pelajari dengan baik kalau perlu hafalkan, sampai hafal mati, tentu itu akan mengurangi rasa lelahmu ketika ulangan harian telah datang.

4. Jangan Mengikuti Kegiatan Yang Tak Berguna
Adakan Kegiatan Positif
Pasti setiap diri kamu ada yang suka jalan-jalan, entah itu ke pasar malam, ke tempat hiburan, pariwisata dan lainnya. Ada juga yang hobi pacaran dan lain sebagainya, atau nongkrong di cafe bersama doi. Mungkin kegiatan itu sudah menjadi biasa menurutmu, tapi tahukan kamu, kegiatan tersebut dapat menguras isi dompetmu, atau bahkan akan membuatmu lelah dengan aktivitas tersebut. Maka dari itu, manfaatkan malam-malammu dengan membaca dan menulis, seperti di waktu malam minggu, biasanya akan banyak waktu kosong pada malam tersebut. Isilah dengan kegiatan positif yang dapat memacu adrenaline otakmu.

5. Mengurangi Kegiatan Sepulang Sekolah
Bimbel Tidak Efektif Sepulang Sekolah (Sumber: hellosehat.com)
Biasanya kelas XII akan menghadapi bimbel sepulang sekolah, walaupun itu bermanfaat kepada anak, tentu juga akan membuat bimbel itu tidak efektif sehingga pembelajaran didalamnya tidak akan maksimal. Maka dari itu gunakan waktu luangmu di sekolah dengan mengikuti tips-tips dari pertama. Dari pagi sampai siang otakmu sudah di pompa dengan rumus rumit yang membuatmu pusing.

Sepulang sekolah, sempatkan untuk tidur atau lansung mandi, supaya lelahmu hilang, kesegaran pada tubuhmu akan hadir kembali. Ketika datang dari sekolah, usahakan tidak melakukan aktivitas berat dirumahmu.

Nah itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan setiap hari di sekolah atau dirumah, ketika menghadapi ujian atau tidak mengikut ujian. Semoga hari-harimu dapat bermanfaat untuk dirimu dan orang lain, menjadikan tubuhmu segar lagi dan tidak merasa lelah dengan pembelajaran selama kurang lebih 8 jam di sekolah. selamat mencoba.

0 Response to "Tips Agar Siswa Tidak Merasa Jenuh Selama Di Sekolah"

Posting Komentar

#Silahkan Komentar Sewajarnya
#Berkomentar Sesuai Topik yang Dibahas
#Dilarang Meletakkan Link ke Situs, Kecuali Referensi Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel