-->

Melampaui Batas Masa Lalu


Semoga selalu dalam Lindungan-Nya
Pembaca yang budiman, hidup kita tak akan pernah jauh dari masalah, hidup kita selalu dekat dengan masalah, hidup kita akan terlangkahi dengan masalah. Semuanya serba masalah, itulah hidup. kekecewaan bukanlah suatu pemecahan, menangis apalagi. Terus perbaiki diri, meski ombak menghempas ke pinggir pantai.

Semua orang punya masa lalu, masa yang penuh dengan pelajaran. Indah di masa lalu menjadikan masa depan yang lebih cerah, dan buruknya masa lalu membuat masa depan begitu suram. Apa yang harus dilakukan ? akankah orang berpikir demikian ? Selamat kepada Anda yang selalu berpikir bahwa yang buruk tak harus di ingat kembali. Buruk dalam agama atau buruk dalam perspektif manusia. Semua keburukan di masa lalu tak perlu diingat dan diungkit kembali di hari ini dan masa depan. 

Meminjam perkataan Dr. ‘Aidh al-Qarni, mengingat dan mengenang masa lalu, kemudian bersedih atas nestapa dan kegagalan didalamnya merupakan tindakan bodoh dan gila. Sama saja dengan membunuh semangat, memupuskan harapan, dan mengubur masa depan yang belum terlampaui.

Merry Riana pernah bilang dalam motivasinya “Yang lalu biarlah berlalu, karena yang indah sudah menunggu”. Bukankah kata-kata ini begitu nafsu untuk dilakukan. Atau hanya orang yang ingin berubah saja yang merasakan. Sudahlah. Aku mungkin harus merubah diri terlebih dahulu, sebelum mereka menerima kata itu.

Orang yang berpikir, akan selalu melihat jauh indahnya masa depan tanpa masa lalu yang buruk menghalangi, dan menjadi aral dalam perjalanan ke arah yang lebih cerah. Yang namanya masa lalu itu dilipat dan tak pernah dilihat kembali serta tak diingat oleh pikiran telanjang. Sedih, hampa, serta gundah merupakan sifat yang harus dibuang. 

Orang bilang bahwa masa lalu itu indah, yah indah. Indah bila hal itu dijadikan pelajaran untuk lebih baik hari ini. Indah bila kita ingat dan tidak mengulanginya hari ini, indahnya masa lalu yang berkobar akan tekad menuju kesuksesan, woowww, tak mungkin untuk dilupakan, tapi kenang saja, jangan terlalu banyak dingat dalam ruang pikiran. Fokus hari dan masa depan untuk sebuah keberhasilan. Hari ini manfaatkan sebaik mungkin dengan pekerjaan baik yang berbeda dari masa lalu, dan  menambah investasi akhirat itu jauh lebih indah.

Aku pernah mempunyai masa lalu yang sangat buruk, masa dimana Aku tak ingat bahwa masa depan lebih indah. Namun tak perlu diceritakan dalam ruang keindahan ini. Hari dimana Aku mulai merasakan bahwa kebahagiaan ada dalam jiwa. Senantiasa menentramkan hati, memulai indah hari dengan senyuman. Semua orang merasakannya, namun tidak menerapkannya. Ironis sekali. Masa laluku adalah masa suram yang pernah terjadi dalam hidup ini, masa dimana keindahan kata-kata hanya bersifat sementara. Namun biarlah ia bersemayam dalam ruang penglupaan, meniti kembali hidup ini mulai dari nol, dari awal mula Tuhan menciptakan aku.

Masa depan begitu indah untuk dijalani tanpa hal-hal buruk yang pernah terjadi, keunikan alam tak pernah habis untuk dikaji, dan kebahagiaan akan selalu menanti. Mau berubah atau tetap istirahat ditempat menunggu takdir Ilahi. Itu adalah hal bodoh yang hanya akan meniadakan kesempatan yang penuh arti. [rizal]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel