-->

Pengajaran dan Pelatihan dalam Ruang Lingkup Pendidikan

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan menjadi sangat penting untuk seseorang dalam menumbuhkan sikap dan sifat yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Didalam pendidikan, dapat secara langsung melakukan pengubahan sikap atau sifat, sehingga arti pendidikan dimaknai sebagai proses. Untuk menghasilkan perilaku yang baik, tentu harus melewati proses panjang menuju kedewasaan.


Perilaku yang ditampilkan oleh seseorang baik karena dirinya sendiri atau karena sekelompok orang yang sama-sama berproses dapat menjadi faktor yang dapat mempercepat proses pendewasaan anak didik. Pendidikan dalam upaya pendewasaan diri seseorang tersebut dapat dilakukan melalui dua hal, yaitu pengajaran dan pelatihan.


Pengajaran dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia di artikan proses, cara, perbuatan mengajar atau mengajarkan; perihal mengajar; segala sesuatu mengenai mengajar. Proses yang dilaksanakan dalam pendidikan sangatlah berbeda-beda tergantung lembaga dimana anak didik di sekolahkan. Budaya, Iklim, dan Pola Keseharian dalam lembaga berbeda pula. Setiap sekolah tentu memiliki proses dan cara yang berbeda-beda dalam menumbuhkembangkan minat dan bakat siswa. Tentu tidak berbeda dengan pengajaran didalam kelas, setiap guru memiliki keunikan yang berbeda. Dalam pengajaran ini setidaknya ada dua hal yang perlu dipahami dengan tidak menghilangkan satu dengan yang lainnya, yaitu dalam pengajaran tidak hanya sekedar memberikan materi dalam kelas atau yang disebut transfer of Knowledge tapi  juga didalamnya seorang pengajar harus menyalurkan nilai-nilai yang baik dalam materi yang disampaikan agar materi yang diberikan tidak hanya masuk pada otak anak didik, tetapi materi yang disampaikan melekat dalam diri anak didik tersebut, dan bermanfaat dalam kehidupannya, ini yang disebut transfer of values.



Dalam pengajaran ini, tentu pengajar harus mengetahui tentang siswa, baik dari perilaku, latar belakang, serta seluruh ruang lingkup kehidupannya, sehingga pengajar tahu bagaimana cara menyikapi masalah yang terjadi pada anak. 

Siswa yang Baik adalah siswa yang suka membaca (Sumber: Pixabay.com)
Pelatihan merupakan proses, cara, perbuatan melatih; kegiatan atau pekerjaan melatih. Arti pelatihan menitikberatkan pada proses atau cara seorang pengajar untuk melatih anak didiknya menjadi lebih baik. 



Pelatihan ini berpusat pada belajar tentang keterampilan-keterampilan, pengetahuan dan sikap-sikap yang dibutuhkan untuk memulai suatu pekerjaan atau tugas-tugas untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan suatu pekerjaan atau tugas. Bisa saja Pelatihan ini tidak terjadi di sekolah, bisa di organisasi atau instansi lainnya. Contohnya Kepolisian yang mengadakan Sosialisasi Bahaya Narkotika. Anak didik dapat mengetahui seperti apa bahaya narkotika, sehingga satu kalipun anak didik akan enggan untuk mencobanya. 



Pelatihan ini dapat diartikan sebagai usaha untuk memperoleh keterampilan dengan melatihkan sesuatu secara berulang-ulang, sehingga terjadi mekanisasi atau pembiasaan. Jadi, dengan latihan ini akan membuat pola pembiasaan pada diri anak didik sehingga membentuk karakter dalam dirinya.


0 Response to "Pengajaran dan Pelatihan dalam Ruang Lingkup Pendidikan"

Posting Komentar

#Silahkan Komentar Sewajarnya
#Berkomentar Sesuai Topik yang Dibahas
#Dilarang Meletakkan Link ke Situs, Kecuali Referensi Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel