-->

5 Hal yang Harus Dilakukan Guru Agar Pembelajaran Menjadi Menyenangkan

Didalam kelas, Tujuan kegiatan belajar mengajar adalah terkuasainya kompetensi dan tercapainya tujuan pembelajaran kepada siswa. Sebelum itu, guru perlu menyiapkan berbagai hal yang mendukung terhadap pembelajaran seperti perencanaan pembelajaran atau RPP, hingga pada pelaksanaan dari perencanaan yang sudah direncanakan tersebut. Setelah semua terpenuhi, guru dapat memaksimalkan pembelajaran yang dilakukan.
Pembelajaran Aktif dalam Kelas (Sumber: Silabus.org)
Terkadang, walaupun perencanaan sudah dilaksanakan secara maksimal, ada saja guru yang tidak dapat mewujudkan tujuan pembelajaran tersebut, yang banyak terjadi biasanya disebabkan kondisi kelas yang tidak memungkinkan, dan rendahnya semangat belajar siswa. Tentu, hal ini akan berdampak pada guru yang akan mengajar. Nah pada kesempatan ini, ada beberapa hal yang dapat membuat guru lebih maksimal dan mampu menguasai siswa ketika proses kegiatan belajar mengajar.

1. Lingkungan Kelas
Kelas Terindah (Sumber: www.dekoruma.com)

Tidak mudah memang menciptakan suasana kelas yang menyenangkan disertai metode-metode menarik yang diaplikasikan. Lingkungan kelas harus memberikan pengaruh positif pada siswa. Sehingga semangat siswa tumbuh, dan suasana kelas menjadi menyenangkan.

Perhatikan seluruh ruang kelas, mulai dari cahaya, udara, sarana, dan sebagainya. Tentu jika ruang kelas kurang cahaya akan menjadikan kelas yang buram, menjadikan mata lelah melihatnya, dan apabila kurang udara bisa jadi menyesakkan dada. Berusahalah, jika guru ingin suasana belajar mengajarnya menjadi menyenangkan, harus diusahakan didesain semaksimal mungkin ruang belajarnya supaya siswa tertarik mengikuti kegiatan belajar. Kelas juga dapat diberikan tokoh inspiratif, tokoh pahlawan, kalimat-kalimat motivasi, dan beberapa hasil karya siswa dikelas tersebut.

2. Pembelajaran Menyenangkan

Jika suasana kelas dan pembelajaran menyenangkan, maka secara otomatis motivasi meningkat. Kelas akan menjadi interaktif, sebab siswa akan aktif didalam kelas. Nah, ketika suasana kelas sudah menyenangkan, maka guru jangan lupa mempersiapkan teknik penilaian yang disiapkan secara variatif. Kemudian guru dapat memberikan pertanyaan kepada siswa sesuai dengan penilaian-penilaiannya.

Nah, untuk menciptakan kekreatifan dan keorisinilan siswa, maka guru dapat memberikan pertanyaan terbuka. Pertanyaan yang diajukan guru untuk menantang siswa. Pertanyaan-pertanyaan ini juga disesuaikan dengan kemampuan siswa dan usahakan membahas masalah yang sedang hangat. Selain memperhatikan kemampuan siswa, guru tidak terjebak pada pertanyaan yang diulang-ulang atau hanya terbatas pada beberapa pertanyaan yang diulang-ulang. Usahakan pertanyaan itu juga tidak mudah dan tidak sulit, artinya ditengah-tengah, pasti seorang guru tahu seperti apa pertanyaan yang akan diberikan kepada siswa.

3. Kompetisi Kelas
Pembelajaran Aktif (Sumber: Silabus.org)

Setiap siswa tentu memiliki keinginan untuk berbeda dengan yang lain, atau ingin lebih pandai, berhasil, atau lebih baik dari yang lain. Itu adalah sifat yang sangat terlihat yang banyak ditemui didalam kelas. Disamping itu, tentu siswa tidak akan mau gagal, dan tidak mau menyamakan dengan usaha dan pengorbanan orang lain, tentu siswa akan sedih jika terjadi demikian. Misalnya siswa lebih bodoh, lebih malas, dan selalu gagal dari yang lain. Siswa tidak akan mau jika demikian. Nah, disitulah siswa akan siap berkompetisi dengan siswa yang lain untuk lebih unggul didalam kelasnya.

Nah, untuk menciptakan siswa berkompetisi didalam kelas, guru harus menyiapkan strategi yang baik untuk memancing semangat dan keinginan siswa untuk beda dengan yang lain. Set dengan sebaik mungkin supaya kompetisi itu berjalan dengan baik. Biarlah siswa memahami pertanyaan yang diajukan dan dijawab sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.

4. Sumber Belajar

Seringkali yang banyak ditemui guru adalah kurangnya sumber belajar. Beragam sumber belajar dapat membuat siswa cenderung suka belajar, Seperti audio, video, atau buku ajar yang menarik lainnya. Dengan memanfaatkan beragam sumber disertai media yang cocok untuk pelaksanaan pembelajaran akan mendukung terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

5. Siap Siaga

Setiap siswa tentu akan mengalami yang namanya kesulitan belajar, maka dari itu, siswa butuh bantuan untuk mengatasinya. Disitu guru dapat hadir membantu siswa yang merasakan kesulitan belajar. Jika guru tidak membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, tentu yang akan terjadi, siswa akan malas dalam belajar. Guru yang membantu siswa mengatasi kesulitan belajar tersebut bisa guru wali kelas, guru pengajar mata pelajaran, atau guru yang lain. Dari adanya bantuan kesulitan belajar, siswa akan merasa diperhatikan oleh guru, sehingga siswa suka belajar bahkan lebih suka dari biasanya.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan guru untuk menyenangkan suasana belajar didalam kelas, dan mensukseskan kegiatan belajar mengajar guru didalam kelas tersebut. 

0 Response to "5 Hal yang Harus Dilakukan Guru Agar Pembelajaran Menjadi Menyenangkan"

Posting Komentar

#Silahkan Komentar Sewajarnya
#Berkomentar Sesuai Topik yang Dibahas
#Dilarang Meletakkan Link ke Situs, Kecuali Referensi Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel