-->

Cara Cepat Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa

Coretan Langit - Proposal dan Skripsi merupakan dua hal yang menjadi jalan akhir dari perjalanan panjang mahasiswa selama kuliah. Proposal dan Skripsi merupakan tugas akhir yang berbasis teori dan penelitian. Untuk menjadi sarjana, hal yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan kedua tugas tersebut. Tak jarang mahasiswa akhir tidak bisa menyelesaikannya dikarena alasan ini dan itu. Padahal sebenarnya Penggarapan proposal dapat dilakukan selama dua atau bahkan satu minggu, asalkan judul penelitian yang diangkat sesuai dengan yang kamu sukai dan pahami. Tanpa kesukaan dan pemahaman, akan menjadikan mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir tersebut menjadi tertunda, Sebab tidak sesuai dengan apa yang disukai dan dipahami pula dapat membuat pikiran buntu, yang akhirnya akan malas mengerjakan dan berujung kuliah yang tidak kunjung selesai.


Berbagai Macam Alat Tulis (Sumber: Pixabay.com)
Jika penulis lihat, yang menentukan selesai tidaknya proposal dan skripsi tersebut bukan karena ia pintar didalam kelas, selalu menanggapi pertanyaan bahkan aktif didalam berdiskusi, mengikuti berbagai organisasi sampai lupa makan bahkan presentasi, bukan pula karena ia telah menyelesaikan mata kuliah dan bisa mencapai sks yang ditentukan. Tapi yang cepat menyelesaikan tugas akhir tersebut karena mereka rajin mengerjakan, dan punya target yang jelas untuk kedepan.

Untuk cepat-cepat menyelesaikan tugas akhir tidaklah selalu memperhatikan kualitas dari penelitian yang kita lakukan, fokus saja pada penyelesaian tugas akhir tersebut agar segera mendapatkan gelar sarjana tanpa melihat apakah penelitian itu akan mendapatkan nilai cumlaude atau tidak. Megerjakan tugas akhir layaknya lari maraton, yang diperlukan adalah finisnya. Jadi yang diperlukan dalam penyelesaian tugas akhir bukan terletak pada pintarnya seorang, tapi rajinnya ia dalam menggarap tugas tersebut disertai pemahaman teknik-teknik penulisan tugas akhir tersebut.

Pemahaman awal yang harus kita ketahui dalam menyelesaikan tugas akhir adalah tahunya kita pada tata cara penulisan tugas akhir tersebut. Nah bagaimana caranya ? Tentu setiap kampus memiliki Pedoman Penulisan Karya Ilmiah yang selanjutnya di singkat PPKI. Setiap mahasiswa dituntut untuk memahami hal ini. Tanpa pemahaman terhadap tata cara penulisan, percuma saja menggarap tugas akhir, toh akhirnya amburadul juga.
Mahasiswa di Perpustakaan (Sumber: Pixabay.com)
Ada beberapa tips yang perlu dilakukan dalam mempercepat penggarapan tugas akhir, yaitu:

1. Buat deadline yang jelas, atau target yang akan dicapai setelah penyelesaian tugas akhir. Seperti Mau cepat nikah, pergi ke Mekkah, kerja bersama saudara keluar kota, atau lain sebagainya.

2. Terkait dengan Penelitian yang dilakukan, usahakan tema yang diangkat dalam penelitian sesuai dengan minat dan pemahaman pribadi masing-masing. Tanpa pemahaman dan miniat tersebut, tentu akan menghambat dalam penyelesaian tugas akhir tersebut.

3. Kerjakan penggarapan tugas akhir ditempat yang kondusif, yang membuat kamu nyaman, atau bahkan sepi dari keramaian. Bisa saja dikerjakan ketika tengah malam. Cocok buat kamu yang hobi merayu Tuhan, memanjatkan doa di sepertiga malam.

4. Kenali kelemahan dosenmu, dan taati apa yang mereka perintahkan. Silahkan cek Cara Menjalin Komonikasi yang baik dengan Dosen Pembimbing.

5. Kurangi jadwal nongkrong dan berbicara yang tidak ada gunanya dengan temanmu. Untuk sementara waktu bukan selamanya. Hal ini memang butuh pengorbanan, dan menuntut kesabaran. Keluarlah dari zona nyaman untuk sementara waktu.

6. Bertemanlah dengan mahasiswa-mahasiswa yang juga ingin cepat lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Pintalah pemahamannya tentang penulisan proposal dan skripsi, jika bisa kerjakanlah bersama-sama, agar ketika tidak ada yang dimengerti langsung secara face-to-face ditanyakan.

7. Rajin-rajinlah minta doa orang tua dan Tuhan Yang Maha Esa. Karena usaha yang dilakukan tanpa doa adalah kesombongan, dan Doa tanpa usaha adalah kebohongan. 

Sources:
https://www.idntimes.com
https://www.cermati.com

0 Response to "Cara Cepat Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa"

Posting Komentar

#Silahkan Komentar Sewajarnya
#Berkomentar Sesuai Topik yang Dibahas
#Dilarang Meletakkan Link ke Situs, Kecuali Referensi Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel